Muhammad Syarif Alfatih-17 Agustus 2017

Di setiap doa, saya selalu menyelipkan permintaan kepada Tuhan, agar ketika hari lahiran tiba, saya diijinkan untuk melahirkan di malam hari, karena saya pasti akan panik kalau melahirkan di siang atau sore, terjebak di tengah kemacetan Jakarta dengan kondisi mules pasti sungguh tidak enak (korban sinetron).
Seminggu menjelang melahirkan, hasil lab saya menunjukkan bahwa HB saya rendah, sehingga saya dianjurkan dokter untuk infus zat besi 3x dalam kurun waktu seminggu (2 hari sekali). Ketika itu saya masih 35 minggu. Jadilah saya melakukan infus venofer selama 3x. kegalauan memuncak ketika di usia kandungan 38 minggu, dokter kandungan saya cuti, jadilah selama infus dan ngecek hasil lab kembali, saya sempat ganti dokter 2x, tapi masih di YPK Mandiri.
Ketika saya dan suami cek ke dokter winur, bayi masih floating katanya, belum pas neken di panggul. Trus dijelaskan kalau mengalami salah satu dari tanda-tanda berikut, langsung ke RS. Tanda-tandanya, keluar cairan atau darah di jalan lahir, perut udah sering mules. Baiklah dokter
Karna dokter yusfa masih cuti, kami coba ganti dokter ke dokter Diah karena ada jadwal siangnya. Ketika kami jelaskan bahwa hasil lab masih menunjukkan angka HB rendah padahal sudah infus 3x venofer yang masing-masingnya 2 ampul, dokternya malah ketawa dan bilang kalau hasilnya bisa dirasakan setelah 2 minggu pasca infus terakhir. Hah? Baiklah, jadi harusnya saya ga cek lab lagi kmren, toh hasilnya baru 2 minggu lagi. Kirain abis infus besoknya HB langsung naik, hahaha.. yasudahlah.. pasrah karena posisinya saat itu saya sudah 38 minggu 5 hari.
Terereengg…
Tanggal 17 agustus 2017, jam 02.30 pagi, iya subuh buta. Saya berasa ngompol basah banget. Pas saya ke kamar mandi, emang ada cairan yang terus ngalir dari jalan lahir. Saya gemeteran, panik. Saya langsung bangunin pak suami, suami langsung sigap bilang, yuk ke rumah sakit (inget banget dia pesen dokter winur, hehe). Sementara saya masih gemeteran, dan si air ini terus aja ngalir. Untungnya kami udah siapin 1 tas di bagasi mobil yang isinya baju saya dan baju bayi kalau mendadak ada apa-apa.
Saya ganti baju, pakai pembalut biar si cairan ini ga ngalir ke celana. Tapi saya inget banget saat itu saya ga ngerasain mules sama sekali. Karena hari itu 17 agustus, suasananya rame karena panitia 17an lagi ngecat jalanan buat lomba pagi itu. Ga kebayang kalau ke rumah sakitnya siangan dikit, yang ada jalanan deket rumah ditutup. Allah Maha Baik dan pendengar doa-doa hamba-Nya.
Cuma butuh 10 menit buat sampai ke RS. Saya langsung ke IGD, trus ditanya usia kandungan. Karena saya udah 38 minggu 6 hari, saya langsung diarahin ke ruang bersalin di lantai 2. Iyaa.. pas naik ke lantai 2, sepertinya si bidan atau susternya ketiduran, buka pintunya lamaaa banget. Setelah ketemu bidannya, saya jelasin kondisinya, trus saya ditarok di ruang observasi, sembari suster nyari dokter yang ada hari itu. karena hari libur dan 17 agustusan, ditambah dokter Yusfa masih cuti, jadi harus cari dokter pengganti (saya lupa doa sama Allah supaya jangan dikasi lahir pas tanggal merah). Haha
Setelah dicek bidan, bener yang keluar adalah air ketuban. Saya udah ga boleh turun dari tempat tidur. Bidan dan suster bolak balik ngecek detak jantung bayi, pasang infus. Sesuai instruksi dokter kandungan yang belum dateng (karena upacara 17an), saya harus diinduksi dan diinduksilah saya 2x. ya ampuun rasanya, mules banget. Tapi saya tahan aja, yang selalu saya ingat adalah, semakin sakit, semakin mules, semakin dekat waktu saya ketemu dengan bayi saya. Sekitar jam 10 datanglah dokter, dicek lagi, bukaannya masih satu L
Katanya diliat reaksi induksi sampai jam 12, mudah-mudahan masih bisa normal. Sampai jam 12, dicek lagi, bukaannya ga maju juga, padahal saya mulesnya udah minta ampun. Akhirnya dokter memutuskan untuk tindakan sc, karena ketuban sudah berubah ijo katanya. Ga sadar airmata netes, masih ga rela sc. Tapi suami meyakinkan, kalau ini yang terbaik dan Insya Allah bayi juga cepet keluarnya. Akhirnya saya dipapah ke ruang operasi. Disuntik tulang punggungnya, trus saya ga ngerasain apa-apa.
Sebelum operasi dokter ngajak berdoa, dan operasi dimulai. Ohya, saat operasi saya lagi flu dan batuk, tapi abis dibius di tulang punggung, saya buat batuk aja susah, ga bisa, ga berasa, kebas semua. Operasi berjalan kurang lebih 1 jam. Saat fatih diangkat dari perut saya, saya langsung merinding dan menangis, Alhamdulillah dia sehat, langsung nangis. Tapi sayang banget, saya gagal IMD karena saya mual pengen muntah waktu fatih dibawa ke dada saya. Mulut kecilnya sudah mencari-cari, tapi saya mual dan menggigil, akhirnya fatih diangkat dan saya langsung dibawa ke ruang pemulihan. Hiks
Di ruang pemulihan,saya baru bangun sekitar jam 5 sore, padahal operasi selesai jam 2 siang. Setelah bangun jam 5 itu, Fatih dibawa lagi ke saya buat IMD, tapi lagi-lagi gagal IMD gara2 saya masih pusing banget. Sekitar jam 6 sore, saya dipindah ke kamar, setelah cukup kuat, jam 7 saya minta IMD sama fatih. Suster bawa fatih ke kamar dan dia langsung nyari-nyari puting ibunya. Walaupun udah telat banget, tapi saya tetep ga mau melewatkan momen itu. Bener kata orang, kalau buat anak walaupun sakit kayak gimanapun akan ditahan.
Hari pertama asi saya ga keluar, saya nangis karena fatih ga dapat apa-apa. Kata suster gpp, sampai 4 hari pun bayi akan baik-baik aja walau ga dapat minum. Tapi yang namanya ibu ya, mana tega liat anak semangat ngenyot, trus nangis karena ga dapat apa-apa. Tapi yang saya liat usaha fatih luar biasa, walaupun asi saya ga keluar, dia tetep aja ngenyot lamaa banget, sebelum akhirnya menyerah. Pokoknya saya tempelin aja terus, kalau dia capek, dia akan tidur. Gitu terus sampai hari kedua juga masih sama. Malamnya di hari kedua, saya coba lagi dan lagi, akhirnya saya liat di bibirnya ada putih-putih kayak susu gitu. saya buka mulutnya, ternyata bener, asi saya keluar. Horeee.. besoknya saya disaranin suster panggil breastcare ke kamar, biar diajarin treatment payudara, makanan biar asi lancer, pijat, dll. Ohya lupa, di tengah perjuangan supaya asi keluar, suami saya juga berperan memijat2 payudara saya, punggung saya juga. Alhamdulillah ketika asi pertama keluar, saya menangis, haru (Ternyata saya bisa jadi ibu kayak yg lain juga-itu yang saya rasain waktu itu). Terima kasih pak suami, yang ga lelah berjuang. Love <3
Ohya, karena saya Caesar, saat tidur malam, saya lebih memilih titipin fatih di ruang bayi, karena masih belum pulih sepenuhnya. Jadi suster akan ngantar Fatih jam 6 pagi dalam kondisi udah mandi dan bersih, trus diambil lagi kalau udah mau tidur (waktu itu saya minta dijemput jam 11 malem, hehe). secara pribadi, saya betah ya di YPK, suasananya nyaman, kayak di rumah sendiri, makanannya enak-enak (ini penting, hehe), dokter baik, susternya ramah, yang nganter makanan juga ramah-ramah. Setiap pagi, ada cleaning service yang nyapu ngepel kamar, bersihin kamar mandi, buangin sampah. Jam 6 sarapan pagi udah datang, plus buah, dan jus, jam 9 nanti ada lagi snacknya, siang makan jam 12, jam 3 ada snack lagi, terakhir jam 6 sore makan malem. Kerjaan saya makan mulu selama di YPK. Hahaha..
Hari ketiga di RS, breastcare datang. Saya diajarin memijat payudara, gerakan senam ringan supaya payudara ga kendor, makanan yang dianjurkan dan yang ga boleh dimakan, posisi menyusui, dan banyak lagi, saya lupa. Tapi yang saya ingat dan saya highlight adalah, ibu menyusui gpp makan pedas, ga akan ngaruh ke bayi, tapi ke lambung ibunya (yes!!! Tetep bisa makan pedes).
Hari keempat, saya diajarin cara mandiin bayi dan perawatan alat kelamin bayi. Bagi saya, YPK tu sangat mengedukasi ibu-ibu baru seperti saya. Alhamdulillah saya sudah boleh pulang hari ini, dan dijadwalkan kontrol seminggu lagi. Semoga semua sehat ya. Aamiin.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kado Ulang Tahun; Komisi Yudisial

Hakim Agung Jalur Non-Karier: Sebuah Kelaziman yang diperlukan

Mengurus Visa Korea Selatan